trademark yg menjadi generik

Iseng-iseng buka-buka wikipedia, membiarkan mouse mengklik seenaknya, mengantarkan aku ke artikel Genericized trademark, terus sampai ke daftar trademark yg menjadi generik dalam bahasa non-inggris. Sayangnya, bahasa Indonesia tidak ada.

Tapi jadi iseng. Coba ah bikin listnya:

  • Odol – pasta gigi
  • Aqua – air minum dalam kemasan
  • Honda – (di beberapa tempat) sepeda motor
  • Tensoplast – perban berplester
  • Infocus – proyektor
  • Teh botol – teh dalam kemasan botol
  • Pampers – popok bayi
  • Termos – lihat ini
  • Softex – pembalut untuk wanita
  • Chiki – makanan ringan (sekarang masih sering disebut itu nggak ya? dulu sih semua disebut itu)
  • Aspirin – obat sakit kepala
  • Eskalator – tangga berjalan (dari escalator)
  • Tipp-ex
  • Stabillo
  • Tupperware
  • Ping-pong – tenis meja
  • Post-it (ditambahkan 17/10/2008, thx to dibond)
  • Astor
  • Indomie – untuk semua mie instan (ditambahkan 22/10/2008, thx to pak rinaldi)
  • Rinso – untuk semua deterjen em>(ditambahkan 22/10/2008, thx to pak rinaldi)

Apa lagi ya? Kayaknya masih banyak.. Ada yang mau nambahin?

6 thoughts on “trademark yg menjadi generik

  1. rinaldimunir 22 Oktober 2008 / 11:37

    Tambahan li:
    1. Indomie – untuk semua mie instan
    2. Rinso – untuk semua deterjen

    Yang lain masiha da tuh, tiba-tiba jadi lupa saja

  2. Tuyi 22 Oktober 2008 / 14:22

    mau jualan ya…banyak banget daftar belanjanya..?!
    salam kenal🙂

  3. areep 27 Oktober 2008 / 22:17

    kalo helem pasti g ada……….

  4. Agust Andy 20 Februari 2009 / 17:28

    Dulu di Jogja kalo nyebut koran tu KR (Kedaulatan Rakyat – Koran lokal). Karena awalnya hanya ada satu koran. Jadi akan ada KR Bernas, KR Jawa Pos, KR Kompas. Tak tau skarang masih ngetren istilah ini atau sudah ganti pakai istilah koran😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s