Pancasila

Mumpung masih 1 Juni.. Masih ingat tidak Pancasila? Beberapa waktu lalu, aku mendengar berita dari media, bahwa anak-anak didik saat ini tidak lagi hapal Pancasila (waktu itu adanya sampel sih, ga tau secara statistiknya ya..).. Sedih juga, padahal itu kan dasar Negara Republik Indonesia ini..

Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Waah, artikel wikipedia bahasa inggris tentang pancasila jauh lebih komprehensif dibandingkan dengan artikel wikipedia bahasa indonesia mengenai hal yang sama (bahkan, pranala ‘Bahasa Indonesia’ dari artikel Pancasila bahasa inggris malah menala ke artikel ‘Garuda Pancasila’, sudah kuperbaiki).

Ah, disayangkan sekali terjadinya kekerasan yang menyangkut (atau hanya ‘menyentuh’?) hal ini hari ini..

13 thoughts on “Pancasila

  1. Rayyan Sugangga 3 Juni 2008 / 6:41

    Yang harus diingat-ingat lagi, kenapa dipilih lambang bintang untuk sila ke satu, kenapa ada lambang banteng, apa maknanya ? Dan lambang-lambang lainnya ?

    PR nih buat Ali he he

  2. gajahkurus 3 Juni 2008 / 11:04

    saya yang udah beranak masih hapal, entah kalo anak-anak saya. Nah PR buat saya ngetes anak2😀

  3. ratutebu 3 Juni 2008 / 12:24

    iyahhh,, padahal pancasila itu dasar negara,, kok bisa ya?? *miris melihat nasib bangsa indonesia..😦

  4. Brahmasta 8 Juni 2008 / 7:09

    Ga ada yang mau ngurusin tuh artikelnya. Hehe.. pada nggak ngerti arti pancasila mungkin :p

  5. Rindu 10 Juni 2008 / 10:43

    Jadi teringat waktu SD yah … dulu saya hafal, sekarang lupa🙂

  6. doelsoehono 12 Juni 2008 / 12:40

    SALAM

    Mungkin pancasila bagi anak -anak sekarang cuma tahu Burungnya aja mas …

    klo saya insyaalloh masih hafal

  7. utchanovsky 26 Juni 2008 / 22:21

    inget pancasila malah sedih coz implementasinya cuma 0 (nol).
    Masi menunggu pemerintah yang lebih user-friendly ke masyarakat

  8. ratutebu 1 Juli 2008 / 12:52

    sudah sebulan terlantar blog inihhh..😦

  9. Supermance 4 Juli 2008 / 7:02

    wah apa kabarnya ya Pancasila, abisnya pemerintah nya aja korupsi mulu seh … kesian tuh Pancasila gak ada yang ngurusin lagi

    hihi

  10. oktagerard 12 November 2008 / 5:12

    Hapal Pancasila belum menjamin ia menghidupi nilai-nilai Pancasila.

  11. bullacts 3 Oktober 2009 / 19:53

    jayalah Indonesia, mari b’sama2 kembali mengkaji Pancasila, mari b’sama2 mengkampanyekan Pancasila. Pancasila bukan rumus unsur togel yang hanya berisi khayalan. jayalah Indonesia

  12. rramdhoni 16 Februari 2010 / 8:23

    Pancasila, tepatnya sebagai ideologi rapuh. Tidak tahan uji. Dan hanya ditegakkan menggunakan tangan besi. Ini sudah terjadi saat presiden soeharto berkuasa dan soekarno. Kita masih ingat istilah ekstrim kiri, ekstrim kanan, subversif, anti pancasila dsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s