sc smuth di kiara payung

Beberapa waktu yang lalu, adikku, Fathimah mengikuti acara rutin di smuth (SMA Muthahhari), SC (Spiritual Camp). Ternyata, tempat pelaksanaannya di Kiara Payung. Sama dengan tempat pelaksanaan SC ketika aku menjadi panitia di sana, jadi ‘mentor’ (istilahnya apa ya? aku lupa, kalo ga salah ‘mentor’) salah satu kelompok di situ, yang terdiri dari adik-adik kelas. Ini foto-fotonya:

fathimah dkkjalan menuju kiara payungpos spiritual camp

Aku dulu ke sana waktu kelas 2 SMA. Tahun 2002. Sekarang daerahnya sudah banyak berrubah juga, terutama karena beberapa waktu sebelumnya Kiara Payung jadi tempat Jambore Nasional. Jalannya jadi lebar dan bagus, ada gapura, di lapangan bawah jadi ada panggung, dsb.

Aku ingat, dulu ketika sampai, aku bertugas di pos 6 (6 ya?), bertugas menjelaskan tentang … (duh, kok lupa ya?). Foto ketiga di atas adalah suasana salah satu pos. Dulu aku bertugas di situ bersama dila. Belajar dulu di perpustakaan dari beberapa waktu sebelum SC ada, lumayan juga🙂. Capek juga mengulang penjelasan yang sama untuk sekian banyak kelompok, satu demi satu bergantian, di tengah teriknya matahari (di posku hampir tidak ada tempat berteduh).

Malam hari, jadwal istirahat peserta jam 10-3 (atau 11 sampai jam 3 ya? lupa.. atau jam 2?). Mereka tidur di ruangan (tempatnya di salah satu bangunan, entah bangunan apa di situ, aku lupa). Seperti panitia lainnya, aku tidur setelah mereka tidur, dan bangun sebelum mereka bangun, kemudian membangunkan mereka. Tidurnya pun tidak di dalam ruangan (yang perempuan sih tidur di dalam ruangan juga, tapi yang laki2 nggak). Kami tidur di koridor tengah. Sebagian memilih tidur di tikar di lantai, aku tidur di bangku kayu, sambil duduk.

Kegiatan di sana berlangsung 3 hari 2 malam (kalau tidak salah). Acaranya macam-macam, dari games, olah raga, doa, solat malam, nonton film, berkunjung ke rumah penduduk miskin, dsb, yang semuanya dilakukan untuk meningkatkan aspek spiritual dari pesertanya. Kegiatan ini program sekolah, dan wajib diikuti oleh seluruh murid.

Hmm.. Kapan-kapan berkunjung ke sana lagi ah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s