mudik lebaran 2007 #1: unduuuuuur

Yap. Mudik kali ini beberapa kali diubah rencananya. Sempat direncanakan akan berangkat pada hari sabtu (6/10), mundur jadi minggu (7/10), dan terakhir fixed hari selasa (9/10) pagi, ba’da salat subuh. Dan ternyata, rencana itu pun tidak dapat dipenuhi, pada saat-saat terakhir (FYI: aku ngetik postingan ini dari kamar, di rumah).

Kenapa kok mundur lagi? Masalahnya ada di adikku, javad, Jurusan Biologi ITB tingkat 3. Laporan praktikumnya belum selesai, dan harus dikumpulkan minggu ini. Belakangan aku baru tahu, laporannya tidak hanya satu, tapi ada tiga (ya, 3!!) laporan yang harus diselesaikannya. Tiga-tiganya belum selesai.

Pada dasarnya, javad orangnya tertutup. Juga hampir tidak pernah minta bantuan kalau perlu bantuan. Sampai hari senin sore/malam, semua anggota keluarga yang lain menyangka semuanya baik-baik saja. Sekolah adik-adik sudah libur, tugasnya Fathimah yang perlu dikerjakan sebelum mudik sudah beres, urusan ibu juga sudah, pekerjaan bapak sudah bisa disuspend sampai setelah mudik. Tugas dan kerjaanku pun begitu. Mobil juga sudah beres. Baju dan segala macam barang yang mau dibawa sudah disiapkan, dan yang akan naik ke atas mobil sudah dinaikkan dan diikat. Yah, memang rencananya mau berangkat ba’da sahur kan?

Tiba-tiba semuanya tidak jadi. Menyadari javad bersikap sedikit ‘aneh’, aku bertanya kepada dia. Selidik punya selidik, tugas laporan itulah penyebab dia bersikap aneh. Setelah diinterogasi ditanya lebih lanjut oleh bapak, kesimpulan jadi bisa ditarik. Mudik diundur. Menunggu javad menyelesaikan tugasnya dan mengumpulkannya.

Bapak sudah menawarkan kepada javad agar aku/fathimah/zaky bisa membantunya dalam mengerjakan laporan tersebut (misalnya ngetik atau apapun lah) agar dapat lebih cepat selesai, tapi seperti biasa, javad tidak mengharapkan bantuan apa-apa. Kalau gini mau gimana lagi, jadinya kita nunggu saja… Apa benar-benar bisa selesai besok (Rabu, 10/10) pagi atau tidak.

Sebenarnya di benakku muncul banyak dugaan-dugaan mengenai tugas laporan yang ‘nyeleneh’ ini, ‘nyeleneh’ karena dikumpulkannya pada waktu libur resmi kuliah (walaupun karyawan itb belum libur sih). Karena minimnya informasi dari javad dan tidak bisanya ketidakmampuanku mendapatkan informasi dari tempat lain, maka dugaan-dugaan ini selamanya akan menjadi dugaan yang tidak terbukti kebenarannya:

  1. Sebenarnya tugasnya seharusnya dikumpulkannya ‘sebelum lebaran’, dengan kata lain, ‘sebelum libur lebaran’, tapi asisten/dosennya berbaikhati kepada mahasiswa yang belum selesai mengerjakannya, dengan memberikan waktu pengumpulan pada libur lebaran. Javad, dengan beban kegiatannya yang seabrek, tidak dapat menyelesaikannya ‘sebelum libur lebaran’.
  2. Muncul dugaan bahwa asisten/dosennya memang rada ghendeng. Terutama karena javad sebelum sabtu terlihat lebih nyantai. Sabtu dan minggu memang ada jadwal praktikum. Mungkin pada praktikum tersebutlah javad disuruh buat laporannya. Dan batasnya memang biasanya satu minggu. Dasar asisten/dosen ghendeng menghitung seminggunya alih-alih mengabaikan libur kuliah, malah dihitung juga.
  3. Tidak ada informasi bahwa tugas laporan-laporan tersebut individual atau kelompok. Informasi dari javad yang bisa disimpulkan hanyalah bahwa javad tuker-tukeran data dengan teman2nya di Biologi. Tapi muncul dugaan bahwa seharusnya laporan tersebut berkelompok, tapi karena teman-teman kelompoknya pada mudik duluan, javad yang mengerjakan semuanya. Javad memang punya track record dalam dimanfaatkan membantu temannya sampai diri sendiri kesusahan.
  4. Sempat muncul dugaan bahwa sebenarnya ada hal lain yang membuat dia tidak bisa berangkat sesuai rencana. Tugas tersebut hanya alasan. Tapi dugaan ini sudah kucoret, karena sepertinya tidak mungkin..

Fuh, akhirnya keluar juga unek-unek ini.. Berat rasanya kalau unek-unek ini mampet di kepala..

5 thoughts on “mudik lebaran 2007 #1: unduuuuuur

  1. diBond 10 Oktober 2007 / 9:59

    Javad itu adekmu yg joged2 di wisudaan kemaren bukan? Heheh… gak ngebayang dy di rmh orangnya tertutup.

    Javad, SEMANGAT!!! ^^

  2. numpang-ngomen 13 Oktober 2007 / 23:57

    Hah?!
    Si javad orangnya tertutup?!
    makhluk hiperaktif akut begitu?!
    @_@
    kaget. . .

  3. numpang-ngomen 13 Oktober 2007 / 23:58

    Hah?!
    Si javad orangnya tertutup?!
    makhluk hiperaktif akut begitu?!
    @_@
    kage

  4. Rizma 15 Oktober 2007 / 21:33

    Ma curiga sama laporan praktikumnya nih,,
    ada juga nih orang yang belom selesai laporan praktikumnya,,

    *lirik some1 yang berasa*

  5. lintas 24 Oktober 2007 / 11:40

    salam kenal dari lintas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s