S1+S2 5 Tahun

Setelah membaca posting Pedoman Pindah Jurusan yang ditulis rifu, jadi pengen share juga satu hal mistis lagi di ITB: S1+S2 dalam waktu 5 Tahun.


Teman-teman angkatan 2003 tentunya masih ingat akan tawaran yang diberikan Rektor ITB sebelum Rektor ITB yang sekarang, yaitu Pak Kusmayanto. Dulu, 4 tahun yang lalu, Pak Kus pernah berkata tentang program-program mistis ITB: pindah jurusan, S1 double degree, S1+S2 5 tahun, dsb. Banyak lah. Nah, kenapa kusebut ‘mistis’? Karena informasi mengenai program ini sangat minim, paling tidak di jurusan prodiku, T. Informatika.

Aku pernah bertanya mengenai program-program tersebut ke dosen waliku. Tidak tahu. Ke TU. Tidak tahu. Ke dosen lain. Tidak tahu juga. Semuanya serba tidak tahu. Untungnya, pada akhirnya aku mendapatkan juga informasi mengenai salah satu programnya, yaitu S1+S2 5 tahun. Mekanisme yang kudapatkan adalah dengan transfer nilai. Ada yang tau mekanisme lain?

5 tahun ini dibagi dua, 4 tahun untuk S1 (sarjana) dan 1 tahun untuk S2nya (magister). S2 terdiri dari 36 sks, pada setiap semesternya dapat dicicil 12 sks maksimal. Jadi, normalnya, S2 dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1,5 tahun. S1 sebenarnya terdiri dari jauh lebih banyak sks, yaitu 144 sks. Tetapi, pada program S1, pengambilan sks untuk tiap semester juga jauh lebih banyak. Normalnya adalah 18 sks, tetapi jika IP bagus, sampai 24 sks bisa diambil, bahkan bisa lebih, tetapi dengan pembayaran (biaya per semester) yang lebih juga.

Nah, untuk dapat menyelesaikan S2 dalam waktu 1 tahun, dari 36 sks pada S2, sebagian diselesaikan pada masa S1. Kuliah pilihan yang berkepala 5 dapat diambil baik oleh mahasiswa S1 maupun S2. Nilai kuliah-kuliah tersebutlah yang dapat ditransfer. Mengambil kuliahnya pada masa S1, tetapi masuk pada transkrip nilai S2. Jumlah maksimal sks yang dapat ditransfer adalah 12 sks, dan dengan NR total nilai yang ditransfer tidak kurang dari 3,5. Jadi, kalau mau mengambil S2 dengan waktu 1 tahun, ketika S1 perlu mengambil tambahan 12 sks dari kuliah-kuliah pilihan tersebut. Jadi, total pada S1 minimal harus mengambil 156 sks.

Bagaimana cara mentransfer nilainya? Ketika sudah selesai kuliah (lulus), akan dikonfirmasi seluruh mata kuliah yang akan masuk ke transkrip. Mata kuliah yang akan ditransfer harus dicoret dari situ, kemudian hubungi sekertaris prodi S1 dan sekertaris prodi S2.. Bilang mau transfer nilai. Kalau sudah diterima S2, hubungi kembali sekretaris prodi S2, konfirmasi mengenai transfer nilainya.

Nah, kalau sudah transfer, tapi sks s2 nya masih lebih dari 24 sks (yang ditransfer < 12 sks), bisa minta surat keterangan agar bisa mengambil lebih dari 12 sks satu semesternya, supaya tetap bisa 5 tahun.

Duh, cape nulisnya.. Udah ah cukup segini. Ada yang tertarik?

19 thoughts on “S1+S2 5 Tahun

  1. Arie 30 Juli 2007 / 18:20

    #Ma: Loh, Ali udah wisuda kan? Hehehe…

  2. diBond 30 Juli 2007 / 19:09

    Yaela… ternyata S1 harus 156 sks. Sama aja dong capenya. Hehe… Mending jalan biasa aja deh…

  3. Rifu 30 Juli 2007 / 21:00

    sekarang gw malah bingung transfer nilai dari jurusan yang lama.. nilai gw jelek soalnya… huaaaa….!!!!

    huhuhu, mistis itu.. mistis…:mrgreen:

  4. Ali Akbar 31 Juli 2007 / 0:22

    @Arie

    hehe, aku ngambil itu kok, rie…

    @diBond

    nggak sama bond.. terutama masalah biayanya ^^. S2 kan bayar per-SKS.. lumayan tuh 12 kali 350 rb..

    Aku sedang mencoba transfer 9 sks.. Udah dicoret dari transkrip S1 kemaren.. IPKnya turuh sih, asalnya 3,53 lebih jadi 3,51an.. untung masih cum laude๐Ÿ˜€

  5. Kresnik 31 Juli 2007 / 12:26

    Duh ini orang bener2 deh, otaknya encer banget..
    Kalau saya sih mungkin bakal ambil beberapa sertifikasi dulu sambil kerja, baru setelahnya mungkin ambil S2, walaupun gak yakin mau ambil apa..๐Ÿ˜›

    Berjuang terus!

  6. hehe 1 Agustus 2007 / 7:21

    ini untuk situ aja kali hehe3
    smoga ilmunya bermanfaat

  7. Pi 1 Agustus 2007 / 7:42

    Hoo jadi di beberapa jurusan kabar ttg ini termasuk ‘mistis’ yah? Sy baru tau kalau IF skrg udh bs krn sebelumnya yg sy denger selain KI, baru mesin yg ngejalanin program yg sama. Di KI sendiri hal ini udh lama (sekitar semester 1 thn 2004) dan ada namanya (Honour Program). Penjelasan lainnya mirip seperti yg ditulis di atas, tp ga semua org bs ikut. Pertama cuma yg IPK tk 1-2 >= 3 yg dikasih surat undangan (nolak jg boleh).
    Sama sih max 12 sks yg bs ditransfer, kl mo lebih pake sistem ‘nabung’. Jd rada ‘gaib’ gitu ikut kuliahnya (di ksm ga ada mt kuliah tsb, tp qt ikut kuliah-ujian-dan dpt nilai hehe). Enaknya lagi di sini, S2-nya dibayarin SPP+SKS, lumayan๐Ÿ˜€

  8. Ma yang lagi seneng banggeeett!! 1 Agustus 2007 / 7:52

    bentaar,, bentaar,, jadi Ali lulusnya satu taun ya???
    *itung pake jari*

    ntar blom umur 21 udah lulus S2?? OMG!!!๐Ÿ˜ฏ
    Aaallii,,, itu umur Ma sekaraaanggg,,๐Ÿ˜ฅ

  9. Ma yang lagi seneng banggeeett!! 1 Agustus 2007 / 7:54

    *baca komen Ali lagi*

    aarrggh,, iya ya,, Ali cumlaude pula,,
    *down*

    kok Ma beda banget ama temen satu ini ya,,
    *desperet, pulang sambil nunduk*

  10. Ali Akbar 1 Agustus 2007 / 9:49

    @Pi

    Ya, di beberapa jurusan ‘mistis’ karena mungkin tidak terlalu diperhatikan. Untuk tau ini aja aku sampai harus menghubungi langsung sekretaris prodi magister if.. sekretaris prodi S1 nya aja nggak tau. Untungnya sekretaris prodi magisternya pembimbingku.. Hehe masih inget waktu dia nyari2 surat edaran tentang hal ini di sebuah map tebal yang berisi seluruh surat edaran… hahaha

    @Ma

    jangan desperet gitu… ayo semangat!

  11. grace 2 Agustus 2007 / 12:06

    hooooo…dgr crt dr mbak ma….
    ali keren yah…!
    udh ambil s2 skrg….
    nya…pengen!

  12. saRe' 5 Agustus 2007 / 9:24

    hoooo,, gitu yaa…..
    *pikiran anak yang baru mau akan masuk kuliah*:mrgreen:
    21taun S2????? siuus???

  13. Fajar 6 Agustus 2007 / 11:28

    pusing kalo ditanya sama orang

    “kapan lulus ?”

  14. Ali Akbar 6 Agustus 2007 / 16:40

    @grace
    haha, Ma melebih-lebihkan tuh…

    @sara
    21 tahun s2?? maksudnya??๐Ÿ˜› mudah2an sih..amin,,

    @Fajar
    bilang aja ‘mei’.. meibi (maybe) besok, taun depan, meibi taun depannya lagi…. dst..

  15. kere 14 Maret 2008 / 9:17

    saya tamat smu tahun 1990, saya mo punya S1 atau S2 sekalian, tapi yang paling cepet berappa tahun yaa…

    Makasih…………

  16. Ali Akbar 14 Maret 2008 / 9:19

    @kere

    hmm… kurang tau yaaa…

  17. Arumjeni Mitayani 11 Mei 2011 / 19:12

    misi mas, sebelumnya salam kenal ya, nama saya mita el07.
    jumlah sks maksimal yang bisa diambil di S2 bukannya 15 sks ya? CMIIW:D
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s