Compiere ADempiere

Ceritanya belakangan ini aku tertarik sama sistem informasi entrerprise; ERP, CRM, dsb. (mungkin ada yg tanya, kenapa nggak ikut kuliah SIE aja? heheh males..). Untuk eksplor, aku lari ke dunia Open Source. Biasa lah, males kalau eksplorasinya ke yang proprietary. Aku pernah mendengar, ada perangkat lunak ERP/CRM open source yang bagus, Compiere. So, aku mulai dengan googling Compiere. Dapet websitenya di sini.

Perkenalan pertama yang cukup mengecewakan. Dan memang aku kecewa dengan Compiere. Kenapa? ada beberapa hal:

  1. Tampilan halaman muka web-nya yang tidak bagus. Nggak tau kenapa, yang penting halaman mukanya tidak bagus. Juga karena tidak seperti web software open source yang lain, yang berkesan komunitas, development. Selalu ada link ‘download’ dari halaman muka. Aku tak menemukan link tersebut di sini.
  2. Setelah berjalan2 di webnya, akhirnya aku mendapatkan cara install, download, dsb. Waduh, ternyata sampai saat ini, Compiere masih hanya dapat berjalan di Oracle atau Enterprise DB. Dua basis data yang tidak open source, berat, besar. Ada sih, versi gratis dari Oracle, tapi tetap saja laptopku akan super lambat jika kuinstal Oracle. Apalagi aku nggak punya installer Oracle. Donlot? males, filenya gede banget!
  3. Sepertinya cara instalnya ribet, install Oracle, terus install Compierenya, dsb. Apalagi proses instal Oracle di Linux agak ribet juga. Bingung bacanya.
  4. Dapet berita bahwa Compiere tidak terlalu baik terhadap komunitasnya. ‘open source’ hanya dipakai sebagai marketing, tidak sebagai basis pengembangan.

Ketika mencari-cari di internet itulah aku mendapatkan berita bahwa komunitas Compiere melakukan forking terhadap Compiere, dan membetuk proyek open source baru untuk menampung pengembangan software ERP/CRM tersebut secara komunitas. Proyek itu dinamai ADempiere. Websitenya bisa dilihat di http://www.adempiere.com (Ada yang salah bukan? Compiere adanya di domain .org, adempiere di domain .com; padahal kayaknya Compiere lebih profit-driven yaa??). Asiknya, ADempiere itu:

  1. Mendukung PostgreSQL!! Lumayanlah, daripada harus instal Oracle yang segitu gedenya hanya untuk eksplor? Lagian, fungsionalitas PostgreSQL ternyata sudah cukup ya agar ADempiere bisa berjalan? (oot: eh iya, dari komparasi kecepatan, PostgreSQL ternyata memang agak lambat ya?)
  2. Ada paket installernya!! Aku ambil yang buat linux, sudah termasuk instalasi PostgreSQLnya juga.. Dalam bentuk .jar. GUI-based! asiik.. Sepertinya mudah instalnya..

Ya begitulah, akhirnya aku eksplor CompiereADempiere di Linux…

Proses installnya ternyata agak masalah, bukan gara-gara installernya. Nanti kupost di posting selanjutnya

12 thoughts on “Compiere ADempiere

  1. ratna 27 Februari 2007 / 13:28

    wah.. ali tampak lebih jagoan drpd yg ikutan kuliah sie :p…. Iya bener li…compiere emang menyebalkan. Dr semenjak mule sie ampe tuh kuliah sie, tetp kebingungan cara installnya. Dulu ampir aja mo dikasih tugas ma si bapa bwt kustomisasi compiere. Aduh..untung ga jadi :p

  2. apaan 27 Februari 2007 / 19:59

    wah, ratna melebih-lebihkan..🙂 makanya, kalo Compiere aku bingung.. kalo ADempiere, di websitenya ada wiki. Manual cara instalasi yang di wikinya bagus, mudah dimengerti..

    kustomisasi compiere? di wiki tersebut ada caranya juga🙂.. dari mulai buat data baru sampe Window atau Form yang terkait..

    bahkan, ada link juga ke website tempat pdf-pdf cara kustomisasi lebih lanjut juga.. :))

  3. Fuad Muftie 10 April 2007 / 10:26

    Mas saya pingin nyobain ADempiere buat sistem akuntansi di kios kecilku. Kira2 rumit nggak ya? Gimana hasil explorasinya? masih berlanjutkah?

    Salam
    FM

  4. abekz 3 Mei 2007 / 11:09

    ehm.. dunlut file2 pdfna ada dimana..?? saya lagi belajar menggunakan ADempiere nee..
    Mohon petunjuknya yach..

  5. nuragus 27 Juli 2007 / 3:52

    Betul!

    ADEmpiere instalasinya ada yang error di JAVA configuration nya. Padahal punya ku juga udah ku setel.

    Mana pesan error nya gak begitu jelas.

    Eh,tapi yang buat windows lancar loh. Tapi pake Oracle Express

  6. apaan 30 Juli 2007 / 9:13

    @nuragus

    males pake Oracle Express… Komputerku langsung setengah mati setengah idup kalo masang itu..

  7. zainuri 2 Agustus 2007 / 16:42

    oracle, memang berat banget, ditambah java. memang harus trial and error. komputer clien yang tak coba di linux juga masih bingung. ada java versi ubuntu?

  8. 69i69 18 Maret 2008 / 10:39

    bisa minta info untuk komunitas adempiere dan kira2 siapa yah yang bisa dijadikan pembicara untuk hal tsb. saya setianto dari komunitas ubuntu indonesia

  9. cemens 1 Agustus 2010 / 11:04

    wew … manteb … btw tutor instalnya udah diposting belom nih ???

    di tunggu linknya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s