ruwet

Duh.. Kerjaan kali ini ruwetnyaaa.. Tapi aku kena NDA (non-disclosure agreement) dari clientnya, jadi ga bisa cerita banyak..

Kerjaan kali ini aku masuk dalam sebuah tim konsultan yang membantu suatu perusahaan, sebut saja ‘A’, untuk mendapatkan semacam ‘sertifikasi’ dari ‘B’ untuk memberikan layanan ‘C’.. Nah, ruwetnya, karena ‘C’ ini merupakan hal besar, di ‘A’ banyak orang-orang dari bagian lain akhirnya terlibat. Terus, ‘A’ melihat, kalau layanannya hanya ‘C’, pangsa pasarnya mungkin susah didapatkan.. Kenapa nggak ‘D’ saja? toh sama..

Masalahnya, ‘C’ dan ‘D’ sebenarnya sejenis, tetapi beda secara prinsipil. Karena nggak bisa membeberkan apa ‘C’ dan ‘D’, mungkin pake analogi: ‘C’ itu seperti beli ayam, terus kita pelihara di sangkar di rumah, tapi kalo ‘D’ itu seperti beli ayam ke orang, tapi kita minta orang itu yang ngurusin ayam kita di ‘D’. Nah, tapi pada ‘C’, kita ada perjanjian dengan orangnya, nanti ayamnya kalau mau kita pindahtangkankan, harus lewat orang itu lagi..

Memang sih, jadinya sistem ‘C’ lebih ruwet dari ‘D’, tapi ‘B’ ‘kan ngasih ‘sertifikasi’nya buat ‘C’. Kalo ‘A’ tetep ngotot untuk ‘D’, sebenarnya bisa saja dia nyeleweng, tapi jangan nanti bawa-bawa kita lah.. Takutnya gitu, dia nyeleweng, malah ‘D’ yang dijalanin, nanti ‘B’ dan ‘A’ nyalahin kita..

Mudah-mudahan ‘sertifikasi’ yang dari ‘B’ bisa sangat eksplisit deh biar ‘A’ nggak bisa nyelewengin jadi ‘D’.. Kalau nggak eksplisit takutnya bisa dibelokkan artinya oleh ‘A’…

3 thoughts on “ruwet

  1. amudi 1 Februari 2007 / 22:47

    ada ‘a’, ada ‘b’, ada ‘c’, ada ‘d’…

    a.b.c.d:
    – abri bukan cepak doang
    – aduh bo’ cape deh
    – … isi sendiri

  2. Brahmasta 2 Februari 2007 / 9:28

    Daripada nyeleweng, dua-duanya aja.. C dan D.. Hehehe.. poligami..

  3. apaan 2 Februari 2007 / 14:35

    hahaha kalo ‘A’ nyaplok ‘C’ dan ‘D’, ‘B’ nya marah dong.. wong si ‘A’ cuma nge-book ‘C’ ealah, ‘D’ ikut digotong juga..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s