linux buatku

jalan-jalan diinternet, nemu Linux Distribution Chooser. Intinya sih, dia milihin linux yang cocok berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang kita jawab. Pertanyaannya berkisar antara kemampuan teknis sampai ke hardware.

Jadi, hasilnya, linux yang cocok buatku:
1. Fedora, dengan kriteria yang tidak memenuhi: tidak mempunyai text-based installer. Oke. ini memang distro linux yang kupake sekarang. Di laptopku aku pake Fedora 6. Bagus juga. Wirelessnya bisa langsung jalan setelah aku ekstrak firmware dari driver windowsnya. Cuma kalo di rumah kok duplicate terus paketnya ya? (sekarang aku tahu: karena sinyalnya low :p)
2. Mandriva. Dulu aku pernah make distro ini, waktu namanya masih Mandrake. Distro ini turunan dari Redhat Linux, yang versi komunitasnya sekarang menjadi Fedora. Haha, sama saja ya, sama-sama Redhat family..
3. OpenSUSE. Alah. kok SUSE ?? males ah…


tambahan
Kucoba lagi, dengan beberapa pertanyaan kujawab lain. Walah, hasilnya banyak dan lain banget:
1. kubuntu. pernah make live cdnya.
2. debian. mau coba tapi males.
3. ubuntu. pernah make live cdnya, pernah nginstall.
4. gentoo. pernah nginstall. asik banget, semua dari source. tapi lamaaaa nginstallnya jadinya.
5. MEPIS. baru denger tuh.
6. slackware. duluuuuu banget pernah install. textbased installernya enak.
7. fedora.😀
8. mandriva.😀
9. pclinuxos. baru denger juga.
10. archlinux. pernah denger.
11. openSUSE.😀
12. linspire. ini yang dulunya lindows itu ‘kan?
13. xandros. males banget!
14. ark linux. apa pula distro ini?
15. knoppix. pernah make beberapa lama. live-cd terbagus, kataku sih… tapi yang dulu. yang sekarang2 jadi aneh… lagian aku sekarang pake laptop terus, dah ada linuxnya, ngapain pake livecd lagi??

hmm kok banyaaaaaak banget hasilnya ya?? padahal beda pilihannya dikit.. :))

2 thoughts on “linux buatku

  1. Bram 31 Januari 2007 / 13:13

    Kalo gw dapetnya Ubuntu dan Fedora. Hehe.. Hidup Gnome!

  2. Amy Iban Altoub 23 Oktober 2011 / 21:23

    kalo saya pake ubuntu 11.04. baru pertama ini tau dan pake linux. asli masih bingung banget nih tentang linux (ubuntu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s